Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peristiwa Konflik Dan Akibat Yang Ditimbulkan

Peristiwa Konflik Dan Akibat Yang Ditimbulkan. Konflik agama yang terjadi di ambon (maluku) pada bulan tahun 1999 sampai dengan tahun 2000, merupakan konflik yang terjadi atas identitas agama yaitu islam dengan kristen. Apalagi jika melibatkan kelompok yang memiliki paham yang sempit, tidak terbuka dan arogan maka bisa jadi konflik akan semakin membesar dan meluas.

Serda Darwis Babinsa Koramil 03/Siak Laksanakan
Serda Darwis Babinsa Koramil 03/Siak Laksanakan from aerranews.com

Konflik ini mempunyai potensi yang memberikan pengaruh positif dan negatif dalam interaksi manusia. Salah satu nilai positif yang ditimbulkan oleh konflik adalah semakin kuatnya nilai solidaritas didalam suatu kelompok. Tragedi sampit adalah konflik berdarah antar suku yang paling membekas dan bikin geger bangsa indonesia pada tahun 2001 silam.

Akibat Dari Konflik Sampit Ini Setidaknya Terdapat 100 Warga Madura Yang Kepalanya Dipenggal Oleh Kepala Suku Dayak.


Apabila nilai dan norma sudah tidak lagi diterapkan maka akan timbul pikiran atau prasangka buruk serta rasa curiga antar sesama masyarakat. Tragedi sampit adalah konflik berdarah antar suku yang paling membekas dan bikin geger bangsa indonesia pada tahun 2001 silam. Oleh sebab itu, konflik antar etnis ini juga menghentikan aktivitas.

Hubungan Antar Anggota Kelompok Atau Masyarakat Semakin Kuat.


Konflik sosial merupakan bentuk interaksi antara dua kelompok yang berbeda, interaksi tersebut bersifat persaingan, pengancaman, perusakan, percekcokan, atau perkelahian bahkan akan menjadi penyebab tawuran. Komflik yang terjadi dalam masyarakat merupakan gejala sosial, apalagi masyarakat yang beragam. Dampak akibat konflik sosial yang terjadi di dalam masyarakat.

Untuk Membuktikan Hal Tersebut, Simak 10 Akibat Konflik Antar Agama Dalam Masyarakat Majemuk.


Sulit menemukan masyarakat tanpa konflik sepanjang masa. Peristiwa konflik dan akibat yang ditimbulkan. Garis besar dalam pembelajaran soal kali ini adalah tragedi yang pernah terjadi di indonesia dan akibat yang timbulkan.

Kerugian Materi Dalam Kasus Ini Adalah 29.000 Rumah Terbakar, 7.046 Rusak Termasuk 46 Masjid, 47 Gereja, 719 Toko, Dan 38 Gedung Pemerintah.


Ada yang berpendapat bahwa konflik senantiasa akan ada dalam masyarakat, hanya berbeda ruang dan waktu. Kerugian materi dalam kasus ini adalah 29.000 rumah terbakar, 7.046 rusak termasuk 46 mesjid, 47 gereja, 719 toko, dan 38 gedung pemerintah. Akibat yang ditimbulkan dari konflik di masyarakat yang kedua adalah nilai dan norma sosial yang meliputi kesopanan, kasih sayang, kesusilaan, gotong royong, tepo sliro, dan sebagainya akan hancur.

Soal Merupakan Tugas Kelompok 4.2 Di Halaman 114.


Kehidupan, perjuangan, dan akhir hidup. Di indonesia kebebasan dalam menganut keyakinan atau kepercayaan telah diatur dalam uud 1945 pasal 28e ayat 1 dan pasal 29 ayat 2. Peristiwa kudatuli atau kerusuhan 27 juli 1996 peristiwa.

Posting Komentar untuk "Peristiwa Konflik Dan Akibat Yang Ditimbulkan"